JAFRA MLM haram?

JAFRA MLM Haram??

Sering kali kita mendapat komentar  bahwa semua MLM itu haram. Seperti yang kita tau, MLM itu ada 2 macam, MLM yang murni atau Money Game yang mengaku sebagai MLM serta merusak citra MLM yang Sebenarnya.

Lantas seperti apa kah Money Game itu?
Yug kita bahas kenapa Money Game itu haram dan tidak diperbolehkan sama sekali😉

Money game di Indonesia lazim disebut Bisnis Penggandaan Uang. Money game adalah bisnis penggandaan uang melalui sistem piramida uang, yaitu pemberian bonus kepada anggota lama (upline) yang diperoleh dari uang anggota baru (downline) tanpa produk (barang) yang dijualbelikan kecuali sekadar kamuflase.

Money game menggunakan sistem piramid mirip MLM, tapi tanpa jual beli produk seperti lazimnya MLM. Kalau ada penjualan produk, itu hanya kamuflase.

Money game hukumnya haram dan merupakan dosa besar, karena dua alasan utama;

Pertama, karena money game adalah penipuan atau kecurangan (al ghisy). Perusahaan money game mengklaim mereka melakukan bisnis riil (jual beli produk), padahal faktanya tidak. Ini termasuk kategori penipuan/kecurangan (al ghisy) yang diharamkan Islam.

Kedua, karena perusahaan money game melakukan transaksi ribawi. Ketika perusahaan money game meminta member menanamkan uangnya ke perusahaan, sebenarnya perusahaan itu hanyalah meminjam uang membernya, bukan memutar uang itu dalam bisnis riil. Perusahaan itu lalu mengembalikan uang itu disertai tambahan yang disebut bonus atau komisi. Jelas ini adalah riba yang diharamkan Islam.

Sudah paham kan dari ciri2 nya bahwa MLM itu berbeda dengan Money Game?😉
JAFRA menggunakan sistem matahari, dimana semua anggotanya akan mendapatkan bonus sesuai dengan kerja keras yang dilakukan. Jika sistem Piramida, bonus paling banyak diterima oleh orang yang pertama kali bergabung meski tidak melakukan perekrutan anggota lagi.

Jadi saat ada yang mengatakan bahwa MLM itu haram,bisa jadi pernyataan itu bukan krn mengacu pada MLM ,tapi money Game.

Yuug cerdas membedakan😉😘

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Testimoni jafra cosmetics

Royal jelly lipstik jafra

mud mask alias masker lumpur jafra